Smiley face Smiley face
Smiley face
Beranda > Berita dan Artikel > Detail
 
Smiley face

News & Articles

Subscribe our newsletters

We will never send you spam or some other trash

 
 
Smiley face

Solusi Nyeri Sendi

Dipublikasikan oleh admin pada hari Kamis, 22 Agustus 2019


Tak sekadar nyeri, ada gejala khas dari osteoarthritis atau nyeri sendi yang perlu Anda ketahui. Apa saja gejalanya dan bagaimana menjaga kesehatan sendi?
 
Salah satu bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari adalah sendi. Sendi sendiri adalah penghubung antara dua buah tulang serta membuat Anda mampu menepuk beberapa bagian tubuh, seperti siku dan lutut, menggoyangkan pinggul, menoleh, melengkung hingga membungkukkan badan.

Dalam melakukan fungsinya, sendi dilindungi oleh jaringan tulang rawan dan synovium serta pelumas (synovial) sehingga tulang tidak saling bergesekan. Masalahnya, seiring pertambahan usia dan cidera, dapat menyebabkan pengikisan tulang rawan yang perlahan-lahan merusak sendi dan menyebabkan arthtritis.

Gejala Nyeri Sendi

Ostearthritis adalah penyakit peradangan sendi yang menyebabkan nyeri, pembengkakan dan gerakan berkurang pada sendi. Osteoarthritis bisa disebabkan obesitas, penuaan, riwayat infeksi, fraktur di daerah persendian dan cidera. Osteoarthritis biasanya akan menyerang semua sendi, terutama persendian tangan, lutut, pinggul dan tulang belakang.

Lantas, apa saja gejala osteoarthritis? Jika Anda pernah mengalami beberapa hal berikut, dipastikan Anda terserang osteoarthritis.
-Nyeri lutut selama dan setelah beraktivitas
-Bahu terasa nyeri saat mengangkat lengan ke atas atau ke belakang
-Lutut dan bahu terasa kaku, terlebih lagi saat bangun pagi
-Lutut dan bahu terasa pegal dan linu saat ada tekanan berat
-Kadang tidak dapat menggerakkan lutut atau bahu, atau fleksibilitasnya menurun.

Banyak orang yang tidak menyadarinya sejak awal. Selain dianggap bukan masalah besar, gejala osteoarthritis memang berkembang secara perlahan tapi bisa semakin memburuk. Semakin dewasa usia seseorang, maka semakin tinggi risiko terserang osteoarthritis. Orang yang berusia di atas 50 tahun misalnya,  memiliki risiko osteoarthritis lebih besar karena pada usia tersebut tubuh tidak mampu meregenerasi kerusakan di tulang rawan.

Rawat Sendi Sejak Dini

Biasanya osteoarthritis hanya bisa diobati dengan parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.
Namun, tidak harus mengalami osteoarhtritis dulu untuk menjaga kesehatan sendi. Anda bisa mencegah pengikisan sendi dengan beberapa cara berikut ini:
  • Jaga Berat Badan
            Berat badan yang berlebihan membuat sendi membawa beban berat sehingga dapat menekan sendi, terutama pada lutut, pinggul dan punggung. Karena itu, kurang pertahankan berat badan ideal supaya sendi mampu menjalankan fungsinya secara optimal.
  • Ayo, Bergerak!
            Kalau sudah duduk, jangan lupa untuk berdiri. Kebiasaan duduk terlalu lama dapat menyebabkan sendi cepat terkikis sekaligus membuat sendi semakin kaku. Siasati dengan bergonta-ganti posis duduk dan banyak bergera, termasuk berolahraga. Selain membantu menurunkan kelebihan berat badan, juga bisa mencegah radang sendi. Pilih olahraga sesuai kemampuan Anda, jangan berlebihan dalam melakukannya karena bisa merusak sendi.
  • Postur Yang Benar
            Hindari postur tubuh yang salah seperti membungkuk saat berdiri. Anda harus mengusahakan agar tubuh tetap tegak untuk melindungi sendi leher, lutut, pinggul dan punggung. Perhatikan juga postur tubuh saat mengangkat dan membawa barang. Misalnya, tidak membebankan barang di salah satu sisi tubuh saja dan menekuk lutut saat mengangkat benda barat.
  • Konsumsi Makanan Yang Tepat
            Susu, yogurt, brokoli dan susu almond, daging, kacang-kacangan, adalah pilihan sehat untuk menjaga kesehatan sendi. Pasalnya, kalsium diperlukan untuk tulang yang kuat sedangkan protein dibutuhkan otot sebagai penopang sendi.

            Konsumsi juga suplemen sendi seperti Cartiflex yang mengandung “3 Active Component” untuk memelihara fungsi persendian. Tak hanya mampu menjaga kesehatan sendi, Cartiflex juga diperkaya dengan MSM  untuk mengatasi nyeri pada sendi. Yuk, jaga kesehatan sendi dengan menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi Cartiflex setiap hari. 
 
 
 
 
 
Copyright © 2017 PT Galenium Pharmasia Laboratories, All Rights Reserved