Smiley face Smiley face
Smiley face
Beranda > Berita dan Artikel > Detail
 
Smiley face

Berita & Artikel

Subscribe our newsletters

We will never send you spam or some other trash

 
 
Smiley face

Mengatasi Perilaku Susah Makan pada Anak

Dipublikasikan oleh admin pada hari Jumat, 13 Desember 2019


Anak susah makan? Selalu pilah-pilih makanan alias picky eater? Coba atasi dengan strategi berikut. 

Makan merupakan proses terpenting dalam tumbuh kembang seorang anak. Dengan makan,  anak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya yang optimal. Menyadari pentingnya asupan bernutrisi bagi anak, tentunya ibu seringkali dibuat pusing oleh perilaku anak yang sulit makan.  Dikasih makan ini tidak mau, diberi makanan itu menolak. Kalau pun mau makan, ia hanya mau makan yang itu-itu saja. Kondisi ini jadi tantangan bagi para ibu. 

Risiko kurang gizi 

Anak yang sulit makan bukanlah sesuatu yang baru. Penelitian yang dilakukan Universitas Atmajaya pada 2011 menemukan 33,6% anak usia prasekolah di Jakarta mengalami kesulitan makan. 

Terdapat empat pola makan anak yang perlu mendapat perhatian yaitu menolak makan, meminta jenis makanan tertentu, makan hanya sedikit dan picky eater atau pilih-pilih makanan. Biasanya ada faktor-faktor yang memengaruhi pola dan selera makan anak, antara lain lingkungan keluarga, tren sosial, teman sebaya, dan sakit. 

Bila tidak dapat diatasi, kondisi anak sulit makan dapat mengakibatkan anak berisiko kekurangan nutrisi, antara lain : Makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan Mikronutrien (vitamin dan mineral). Risiko ekstrim dari anak yang susah makan adalah gagal tumbuh. Anak-anak dengan pola makan buruk juga rentan mengalami gangguan psikologis, antara lain mudah cemas dan gugup, depresi bahkan attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), baik saat sekarang maupun di masa yang akan datang. 

Tingkatkan nafsu makan anak 

Bila menemui kondisi seperti ini, kebanyakan orangtua akan memaksa anak untuk makan. Padahal ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan nafsu makan anak, antara lain: 

- Buatlah Jadwal Makan dan Ngemil. 

Berikan makanan maupun camilan pada jam yang sama setiap harinya. Jangan berikan minuman berkalori seperti susu atau jus buah di luar waktu makan atau ngemil karena akan menurunkan nafsu makannya pada jam makan atau ngemil. 

-Kurangi Pengalih Perhatian 

Matikan televisi dan alat elektronik lainnya selama waktu makan untuk membantu anak lebih fokus pada makanan. 

-Menu Variatif 

Hindari hanya membuat makanan favorit anak, seperti chicken nugget, burger, dan lainnya. Imbangi dengan membuat makanan sehat dengan tampilan menarik. 

-Berikan Multivitamin 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, berikan multivitamin, seperti Jovial Multivitamin Emulsion. Mengandung beragam zat gizi yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Antara lain DHA & Folic Acid untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Curcuma (temulawak) yang bermanfaat untuk memperbaiki nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dilengkapi aneka vitamin,  seperti vitamin B Kompleks untuk menghasilkan energi, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, serta vitamin D dan Ca Pathothenate untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Sedangkan untuk membantu bakteri baik hidup di saluran pencernaan, Jovial Multivitamin Probiotik + Zinc juga mengandung FOS atau prebiotik. 

Jovial Multivitamin Emulsion sahabat ibu untuk meningkatkan nafsu makan dan membantu menjaga kesehatan anak.
 
 
 
 
Copyright © 2017 PT Galenium Pharmasia Laboratories, All Rights Reserved